Pengertian dan Definisi Primodialisme dan Penyebab-penyebab Terjadainya Primodialisme

Pengertian dan Definisi Primodialisme dan Penyebab-penyebab Terjadainya Primodialisme. Jika menilik secara bahasa kata primodialisme berasal dr kata dlm bahasa Latin yaitu kata "primus " yang bermakna pertama dan kata "ordiri" yg bermakna tenunan atau kata lain ikatan. Sedangkan bila kita kembali melihat pda KBBI, kata primodialisme dimaknakan sebagai sebuah perasaan kesukuan yg terlalu melebihi batas atau berlebihan.

Dari penjelasan serta pemaparan tersebut di atas kita bisa  simpulkan bhw pengertian dan definisi primodialisme ialah suatu paham/interpretasi mendasar yg pertama kali di kenal dlm proses pertumbuhan individu sehingga membuat atau membentuk sejenis pola perilaku yang cukup khas dlm kelompok nya.

Praktik paham yang disebut primordialisme ini masih banyak  ditemukan pada banyak tempat 2 termasuk di tanah air kita Indonesia. Ada banyak kelompok serta etnis yg masih sangat kental dgn fanatisme kesukuan yg sangat kuat. Sehingga tidak jarang bisa mendorong terjadi nya perselisihan, bahkan peperangan atau konflik yang terjadi antar etnis dan suku.

Pengertian dan Definisi Primodialisme dan Penyebab-penyebab Terjadainya Primodialisme

Biasa nya sikap atau paham yang disebut primodialisme yg berlebihan bakal memberikan pengaruh dan efek yg tidak baik bahkan cendrung negatif. Seseorang individu yang memiliki sikap primodialisme bakal sering membela kelompok nya secara membabi -buta. Tampa sedikit pun memikirkan dan memperhatikan mana yg benar dan pihak mana yang dalam posisi salah. Walaupun memang di sisi yang lain paham atau sikap primodialisme kadang juga berperan urgen dan penting untuk berusaha melestarikan keberadaan serta eksistensi sebuah budaya kelompok  maupun etnis tertentu.

Faktor-faktor dan Hal-hal yang Menyebabkan Timbul nya Paham Primordialisme

Primodialisme ini sebenarnya tidak tumbuh dengan sendirinya atau serta merta begitu saja pada diri seseorang individu. Sikap ini ternyata tumbuh secara sedikit demi sedikit dan berkala dan ats dasar-dasar prinsip tertentu seperti di bawah ini: 
  • Adanya kecintaan yg begitu mendalam terhadap negeri atau kampung halaman dan semua anggota-anggota nya, dan kerabat yg di anggap senior. 
  • Ada nya sesuatu yg di anggap istimewa atau berlainan dari yang lain (bernilai lebih) olh warga kelompok serta etnis sosial tertentu pada masyarakat tertentu. 
  • Adanya semacam tekad yg begitu kuat untuk mempertahankan keberadaan serta eksistensi kelompok nya terhadap berbagai hal yang dianggap ancaman luar. 
  • Ada nya nilai-nilai yg di junjung begitu tinggi yg berkaitan dgn religi yg dianut nya, adat istiadat, tradisi mapun juga  seni budaya. 
Demikian dulu apa yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian Primodialisme dan 4 Penyebab Terjadainya paham Primodialisme ini.

Pengertian dan Definisi Primodialisme dan Penyebab-penyebab Terjadainya Primodialisme Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BahasaArab.co.id

0 comments: