2 +++ Cerpen Bahasa Arab Berharakat dan Artinya

Cerpen bahasa arab berharakat. Kembali lagi saya selaku admin bahasa arab dan artinya menyapa anda semua pengunjung. Untuk saat ini kami bakal membagikan artikel bahasa arab yaitu kembali tentang cerita pendek bahasa arab, kali ini cerpennya memakai baris atau harakat supaya mudah di baca, selamat membaca.
Cerpen Bahasa Arab Berharakat dan Artinya

Cerpen Pertama:

Judul : Khansa.

Resume : Cerita berbahasa arab ini tentang seorang perempuan bernama Khansa di mana dia mempunyai banyak anak namun semua mati di jalan Allah, setelah anaknya meninggal iapun tetap sabar menghadapi ujian dan cobaan tersebut.

الْخَنْسَاءُ

Khansa

عَاشَتْ الْخَنْسَاءُ فِي زَمَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَ بَعْدَ وَفَاتِهِ, وَكَانَ لَهَا أَرْبَعَةُ أَبْنَاءٍ.

Khansa hidup di zaman Nabi Muhammad –shallallahu ‘alaihi wasallam- dan setelah beliau wafat, ia memiliki empat orang anak laki-laki. Baca Juga Bahasa Arab Lainnya : 23 Kata Bahasa Inggris yang Diambil Dari Bahasa Arab

وَعِنْدَمَا ذَهَبَ جَيْشُ الْمُسْلِمِيْنَ إِلَى الْقَادِسِيَّةِ لِقِتَالِ الْفُرْسِ, ذَهَبَتْ مَعَ أَبْنَاءِهَا الَّذِيْنَ خَرَجُوْا لِلْقِتَالِ جَمِيْعًا.

Ketika pasukan kaum muslimin berangkat ke qadisiyyah untuk memerangi Persia, ia pun pergi bersama anak-anaknya yang mana mereka semua keluar untuk ikut berperang.

كَانَتِ الْخَنْسَاءُ تَحًضُّ أَبْنَاءَهَا عَلَى اْلقِتَالِ وَتَقُوْلُ لَهُمْ : إِنَّ طَرِيْقَ الْجِهَادِ يَمْتَدُّ إِلَى الْجَنَّةِ, وَظَلَّتْ تَحًضُّهُمْ حَتَّى دَخَلُوْا فِي اْلقِتَالِ .

Khansa menganjurkan anak-anaknya untuk ikut berperang seraya berkata kepada mereka : sesungguhnya jalan jihad menyambung ke surga, ia terus menerus menganjurkan mereka (untuk ikut berperang) hingga merekapun terjun ke medan perang.

بَعْدَ الْمَعْرَكَةِ مَرَّ بَعْضُ الْجُنُوْدِ بِالْخَنْسَاءِ, وَ أَخْبَرُوْهَا بِأَنَّ الْمُسْلِمِيْنَ قَدْ اِنْتَصَرُو, وَ أَنَّ أَبْنَاءَهَا الْأَرْبَعَةَ اِسْتَشْهَدُوْا.

Setelah peperangan usai beberapa pasukan (kaum muslimin) berjalan melewati Khansa, dan mereka mengabarkan padanya bahwa kaum muslimin telah menang ( dalam peperangan), dan bahwa anak-anaknya yang empat telah mati syahid. 

فَرِحَتْ الْخَنْسَاءُ لِأَنَّ الْمُسْلِمِيْنَ اِنْتَصَرُو, وَ حَمِدَتِ اللهَ عَلَى اسْتِشْهَادِ أَبْنَاءِهَا, وَدَعَتْ رَبَّهَا أَنْ يَجْمَعَهَا بِهِمْ فِي الْجَنَّةِ

Khansa pun merasa bahagia karena kaum muslimin telah menang (dalam peperangan), dan ai pun menyanjungkan pujian kepada Allah atas syahidnya anak-anaknya, dan ia pn berdoa kepada Tuhannya agar mengumpulkannya bersama mereka kelak di surga.

عَادَتْ الْخَنْسَاءُ إِلَى الْمَدِيْنَةِ الْمُنَوَّرَةِ, وَ سَمِعَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ –رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قِصَّتَهَا فَرَقَّ لَهَا وَ أَكْرَمَهَا, وَخَصَّهَا بِرَاتِبٍ مِنْ بَيْتِ مَالِ الْمُسْلِمِيْنَ.

Khansa (setelah itu) kembali ke Madinah Munawwaroh, kemudian Umar ibnul Khottob -radhiyallahu ‘anhu- mendengar kisah tentangnya, maka beliau merasa kasihan padanya, dan beliau pun memuliakannya dan secara khusus memberinya uang dari bait mal kaum muslimin. Baca Juga : 20 Kata Benda Dalam Bahasa Arab Disertai Artinya dan Cara Membacanya

Cerpen Kedua

Judul : Bagaimana Umar bin Khattab masuk agama Islam?

Resume : Cerita bahasa arab kedua ini bercerita tentang bagaimana sahabat yang mulia Umar bin Khattab masuk Islam di awal-awal datanganya islam dan dan di awal-awal penyebaran agama islam oleh Nabi Muhammad SAW, dalam cerita ini diceritakan bagaiamna di awal-awal islam umar sangatlah benci dengan risalah Islam ini, namun dengan hidayath dari Allah hati Umar yang dahulunya keras akhirnya luluhnya juga untuk memeluk agama Islam.

كَيْفَ أَسْلَمَ عُمَرُ ؟

Bagaimana Umar masuk Islam ?

خَرَجَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَبْلَ إِسْلَامِهِ مِنْ بَيْتِهِ فِي مَكَّة, حَامِلًا سَيْفَهُ يُرِيْدُ أَنْ يُقَاتِلَ الرَّسُوْلَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, فَشَاهَدَهُ رَجُلٌ فِي الطَّرِيْقِ, وَ أَخْبَرَهُ أَنَّ أُخْتَهُ فَاطِمَة أَسْلَمَتْ مَعَ زَوْجِهَا.

Pada suatu hari, sebelum masuk Islam Umar bin Al-Kaththab keluar dari rumahnya yang berada di Makkah, sembari membawa pedangnya ia hendak memerangi Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam-, maka seorang laki-laki melihatnya di jalan dan mengabarkan padanya bahwa adiknya yang bernama Fatimah telah masuk islam bersama suaminya.

غَضِبَ عُمَرُ مِنْ كَلَامِ الرَّجُلِ, وَذَهَبَ إِلَى أُخْتِهُ يُرِيْدُ أَنْ يَضْرِبَهَا. وَحِيْنَ دَخَلَ عُمَرُ بَيْتِهَا اِسْتَقْبَلَتْهُ مَعَ زَوْجِهَا, فَتَجَادَلَ مَعَهُ عُمَرُوَضَرَبَهُ, فَتَقَدَّمَتْ فَاطِمَةُ لِتَمْنَعَهُ وَضَرَبَهَا عُمَرُ حَتَّى احْمَرَّتْ وَجْهَهَا وَسَالَتْ مِنْهُ الدَّمُ.

Umarpun marah atas perkataan laki-laki tersebut, dan iapun pergi ke (rumah) adiknya ia hendak memukulnya. ketika umar masuk ke dalam rumahnya adiknya menyambutnya bersama dengan suaminya, kemudian Umar bertengkar dengannya (suami adiknya) dan ia memukulnya, lalu adiknya pun maju untuk melerainya, namun Umar memukulnya hingga wajahnya (fatimah) memerah dan mengalir darah darinya. 

ثًمَّ أَشَارَ عُمَرُ إِلَى صَحِيْفَةِ الْقُرْآنِ الَّتِي مَعَ أُخْتِهُ, وَ أَرَادَ أَنْ يَأْخُذَهَا لِيَقْرَأَهَا, رَفَضَتْ فَاطِمَةُ أَنْ تُعْطِيَهُ شَيْئًا مِنَ صُحُفِ الْقُرْأنِ حَتَّى اغْتَسَلَ وَتَطَهَّرَ, ثُمَّ قَرَأَ آيَاتٍ مِنْ سُوْرَةِ (طه), فَانْشَرَحَ صَدْرَهُ لِلْإِسْلَامِ, وَذَهَبَ مُسْرِعًا إِلَى الرَّسُوْلَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, وَ أَعْلَنَ أِسْلَامَهُ فَكَبَّرَ الرَّسُوْلَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ الْفَرَحِ.

kemudian Umar menujuk pad lembaran-lembaran al-Qur’an yang dipegang oleh adiknya, dan ia hendak mengambilnya untuk ia baca, namun Fatimah menolak untuk memberikan satu lembar pun dari Al-Qur’an padanya hingga ia (umar) mandi besar dan bersuci, kemudian ia (umar) membaca babarapa ayat dari surat Taha, maka hatinya pun menjadi lapang untuk masuk islam, kemudian ia pun segera pergi menghadap Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam- dan mengumumkan keislamannya, maka Rasulullah  pun bertakbir karena bahagia.

Demikianlah yang bisa kami bawakan tentang cerpen bahasa arab berharakat, semoga bermanfaat dan bisa menambah skill dan kemampuan berbahasa arab anda.

2 +++ Cerpen Bahasa Arab Berharakat dan Artinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BahasaArab.co.id

0 comments: