Contoh Teks Pidato Bahasa Arab Beserta Harakat dan Artinya

Contoh teks pidato bahasa arab beserta harakat dan artinya. Para pengunjung blog bahasa arab dan artinya sekalian, kali ini kami bakal mengetengahkan bahasan yang lumayan baru terkait dengan bahasan bahasa arab ini, yaitu mengenai contoh teks pidato bahasa arab, pidato bahasa arab yang akan kami ketengahkan ini, inysaallah akan menambah perbendaharaan bahasa arab anda serta ilmu bahasa aarab yang anda miliki, terutama bagi anda yang mau ikutan lomba pidato bahasa arab, di samping ilmu yang anda punya teks pidato ini akan menambah ilmu anda lagi terkait bahan pidato berbahasa arab yang ingin anda bawakan. Oke tanpa berlama-lama lagi inilah contoh teks pidato bahasa arab beserta harakat dan artinya. Dan Alhamdulillah untuk contoh teks pidato ini kami sudah sertai dengan baris atau harakatnya dan juga cara membacanya serta artinya. Baca Juga Lainnya Di Blog Bahasa Arab Ini : 50 Kata Kamus Bahasa Arab dan Artinya

إِنَّ الْحَمْدَ لِلهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَلِنَا, مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ.

أَشْهَدُ أَلَّا إِلهَ إِلَّا الله, وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ.

أَقُوْمُ بَيْنَ يَدَيْكُمْ لأُقَدِّمُ لَكُمْ الْمُحَاضَرَةَ تَحْتَ الْمَوْضُوْعِ:

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuhu wa nastaghfiruhu, wa na’udzu billahi min suyururi anfusina wa min sayyi’ati a’maalina, man yahdihillahu fala mudhilla lahu, wa man yudhlil fala hadiya lahu, asyhadu an la ilaha illallahu, wa syhadu anna muhammadan rasulullah.

Aquumu baina yadaikum li uqaddima lakum al-muhadharah tahtal maudhu’:

sesungguhnya segala pujian hanyalah bagi Allah semata, kami panjatkan pujian padanya-Nya, memohon pertolongan pada-Nya dan memohon ampunan pada-Nya, kami berlindung kepada Allah dari segala kejelekan yang ada pada diri kami, dan dari kejelekan amalan-amalan kami, barang siapa yang diberikan petunjuk oleh Allah maka dia tidak akan tersesat, dan barang siapa yang disesatkan maka dia tidak mendapatkan petunjuk. aku bersaksi bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak untuk diibadahi dengan benar melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah utusan-Nya.

aku berdiri dihadapan kalian semua, akan membawakan pidato dengan judul :
Contoh Teks Pidato Bahasa Arab Beserta Harakat dan Artinya


فَضْلُ تَعَلُّمِ الْعِلْمِ النَّافِعِ

إِنَّ التَّفَقُّهَ فِي الدِّيْنِ يَدْعُوْ إِلَى كُلِّ خَيْرٍ وَ يُنْجِي مِنَ الْفِتَنِ وَ الظُّلُمَاتِ وَيُوْصِلُ إِلَى الْجَنَّةِ الَّتِي هِيَ غَايَةُ مَطْلَبِ كُلِّ مؤْمِنٍ تَقِيٍّ كَمَا قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلِيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ. متفق عليه

Fadhlu ta’allum al-ilmin naafi’

Inna at-tafaqquha fid din yad’u ilaa kulli khairin wa yunji minal fitan wa dzulumaat wa yuushilu ill jannah allati hiya ghayatu mathlab kulli mukmin taqiyyin kama qaalaa rasulullah-shallallahu alaihi wasallama-: Man salaka thariqan yaltamisu fihi ilman, sahhalallahu lahu bihi thariqan ilal jannati. muttafaqun alaihi.

Keutamaan Belajar Ilmu yang Bermanfat

sesungguhnya mempelajari ilmu agama akan memembawa kepada seluruh kebaikan, menyelamatkan dari segala fitnah/cobaan dan kesesatan, serta akan mengantarkan untuk sampai ke surga yang mana ia adalah akhir pencarian seorang mukmin yang bertakwa. sebagaimana sabda Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam- : barang siapa yang meniti suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan dengannya baginya jalan menuju surga. muttafaq ‘alaihi (di riwayatkan oleh : imam Bukhari dan Muslim)

قَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامَ فِي حَدِيْثٍ آخَرَ:

مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقَّهْهُ فِي الدِّيْنِ. رواه مسلم.

فِيْهِ بَيَانٌ أَنَّ التَّفَقُّهَ فِي دِيْنِ اللهِ دَلِيْلٌ عَلَى وُجُوْدِ الْخَيْرِ, وَ أَنَّ الَّذِي لَا يُرِيْدُ اللهُ بِهِ خَيْرُا لَا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّيْنِ. فَيَدُلُّ عَلَي أَنَّهُ مَحْرُوْمٌ مِنَ الْخَيْرِ نَسْأَلُ اللهَ السَّلَامَةَ.

Qaala alaihis shalatu wassalaam fii haditsin aakhar :

Man yurid Alllah bihi khairan yufaqqihhu fid diin (rawahu Muslim).

Fihi bayaanun ann at-tafaqquha fi diinillah dalilun alaa wujuudil khair. wa anna al-ladzi laa yuridullahu bihi khairan laa yufaqqihhu fi ad-diin. fayadullu alaa annahu mahruumun minal khair, nas’alullaha as-salamah.

Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda dalam hadits yang lain :

Barang siapa Allah menghendaki baginya kebaikan maka Allah akan memehamkannya dalam agama. hadits riwayat muslim.

وَلِعِظَمِ مَنْزِلَةِ الْعِلْمِ رَفَعَ اللهُ قَدْرَهُ, قَالَ سُبْحَانَهُ : 

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا مِنْكُمْ وَ الَّذِيْنَ أُوتُوْا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبٍيْرٌ. سُوْرة المجادلة : 11

وَ الْعِلْمُ نُوْرٌ لِصَاحِبِهِ, قَالَ رَبُّنَا فِي كِتَابِهِ الْعَزِيْزِ.

أَوَمَنْ كَانَ مَيْتًا فَأَحْيَيْنَاهُ وَجَعَلْنَا لَهُ نُوْرًا يَمْشِي بِهِ فِي النَّاسِ كَمَنْ مَثَلُهُ فِي الظُّلُمَاتِ لَيْسَ بِخَارِجٍ مِنْهَا كَذَالِكَ زُيِّنَ لِلْكَافِرِيْنَ مَاكَانُوا يَعْمَلُوْنَ. سورة الأنعام : 122.

Li idhami manzilatil ilmi rafa’allahu qadrahu, qaala subhanah :

Yarfa’illahulladzina aamanu minkum walladzina uutul ilma darajaat wallahu bima ta’maluuna khabiir (surah al-Mujadalah : 11). Wa al-ilmu nuurun li shahibihi, qaala rabbuna fii kitabil aziz :

A wa mankaana mayyitan fa ahyaynahu wa ja’alna lahu nuran yamsyi bihi finnaas Kaman matsaluhu fidz dzulumat laisa bi kharijin minha, kadzalika zuyyina lil kaafiriina maa kanu ya’maluun.

Karena begitu besarnya kedudukan ilmu agama, Allah –subhanahu wa ta’ala- telah mengangkat kedudukannya. Allah azza wa jalla berfirman :

Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman serta berilmu di antara kalian beberapa derajat dan Allah maha mengetahui apa yang kalian lakukan (Quran Surat al-Mujadilah : 11).

Dan ketahuilah bahwasanya ilmu itu adalah cahaya bagi pemiliknya, oleh karena itu Allah subahanahu wa ta’ala berfrman dalam al-Quran yang mulia:

Dan Apakah orang yg sudah mati lantas dia Kami hidupkan & Kami berikan kepada nya cahaya yg terang, yg dgn cahaya itu ia bisa berjalan di tengah2 manusia, serupa dgn org yg keadaan nya berada dlm gelap gulita yg sekali-kali tak bisa keluar dari pada nya? Demikianlah Kami jadikan org yg kafir itu memandang baik apa yg sudah mereka kerjakan.

Demikianlah para pengunjung blog bahasa arab dan artinya xyz, menegenai artikel terkait dengan pidato bahasa arab yang bisa kami bawakan untuk anda semua, artikel dengan judul contoh teks pidato bahasa arab beserta harakat dan artinya ini kami tujukan agar anda bisa jadikan sebagai bahan untuk menyusun teks pidato bahasa arab jika anda butuhkan sewaktu-waktu anda misalnya mau ikut pidato atau lomba bahasa arab. Sekian dan terima kasih.

Contoh Teks Pidato Bahasa Arab Beserta Harakat dan Artinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BahasaArab.co.id

0 comments: