Komposisi Penduduk Arab Saudi

Komposisi penduduk arab Saudi. Bentuk pemerintahan negara Saudi Arabia adalah monarki, negara ini merupakan negara terbesar di seantro Timur Tengah, Saudi Arabia merupakan negara terbesar yang berada di Jazirah Arab, daerah yang termasuk Jazirah Arab adalah negara-negara : Kerajaan Saudi Arabia, Yaman, Oman, Bahraian, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), dan sebagian orang memasukkan juga negara Yordania.

Komposisi Penduduk Arab Saudi

Negara Saudi Arabia termasuk negara yang cukup diperhitungkan di dunia internasional, hal ini disebabkan karena kedudukan negara kerajaan di hati-hati ummat Islam, mengingat dua tanah suci (Makkah dan Madinah) yang menjadi pusat sejarah kaum muslimin dunia berada di bawah pengawasan dan naungan Raja Saudi Arabia, di samping itu juga Kerajaan Saudi Arabia menjadi salah satu pemasok minyak bumi terbesar di dunia Saudi Arabia menjadi negara dengan persediaan minyak bumi terbesar kedua di dunia yang menjadi komoditas ekspor terbesar negara keluarga Saud ini, tak hanya itu berdasarkan data dan sensus terbaru Kerajaan Saudi Arabia merupakan negara dengan kekuatan ekonomi nomer 19 di dunia.

Baca Artikel Lainnya:

Total populasi penduduk negara Saudi Arabia berdesarkan sensus yang ada ternyata mencapai angka 27.136.977, dengan perinciaan (sensus April tahun 2010) : jumlah total laki-laki Saudi Arabia mencapai angka : 9.527.173 (jika di prosentasekan akan mencapai angka : 50.9%). Adapun terkait jumlah perempuan negara Saudi Arabia mencapai angka 9.180.403.

Dengan komposisi penduduk untuk orang asli Arab Saudi mencapai angka 90%, sedangkan orang Afro Asia mengisi 9% dari total penduduk, adapun 1% sisanya diisi oleh penduduk dari berbagai etnis yang melakukan migrasi ke negara kaya minyak ini.

Untuk komposisi jumlah pekerja asing / ekspatriat di negara Saudi Arabia saat ini mencapai angka 8.429.401 dengan jumlah laki-laki sebanyak 5.932974, jika di prosentasekan akan berjumlah 70.4% dari total ekspantriat yang ada, sedangkan sisanya berjumlah 2.496.427 merupakan pekerja ekspatriat perempuan yang bekerja di Saudi hingga kini. 

Sensus ini pula menunjukkan jumlh total perumahan atau hunian yang ada sekarang ini mencapai angka 4.643.151 rumah hunian.

Demikian tulisan kami tentang komposisi penduduk arab Saudi, semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi seputar tema ini.

Komposisi Penduduk Arab Saudi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BahasaArab.co.id

0 comments: