2++ Hikmah Al-qur'an Diturunkan Dengan Bahasa Arab

Hikmah al-qur'an diturunkan dengan bahasa arab. al-Quran yang merupakan pegangan hidup seorang muslim diturunkan oleh Allah dengan menggunakan bahasa arab, bahasa tua dan kuno yang sangat pantas dijadikan sebagai bahasa al-Quran.

Terkadang terdengar pertanyaan sumbang terkkait dengan hal ini : "Mengapa al-Qur'an diturunkan dengan bahasa arab?" terutama mereka yang mengaku dirinya berfikiran modern dan revolusioner, walapun sebenarnya pertanyaan ini memang dilontarkan oleh mereka yang memang ingin tahu akan hikmah diturunkannya al-Quran dengan bahasa arab.


Jadi yang menjadi masalah adalah terkait niat dan tujuan pertanyaan tersebut dilontarkan, jika tujuannya untuk seolah-olah menuntut dan menentang mengapa mesti al-Quran memakai bahasa arab, mengapa tak memakai bahasa persia atau bahasa ibrani dan bahasa-bahasa lain yang ada saat masa diturunkannya al-Qur'an? Maka satu hal yang perlu kita ingat bahwa sebagaimana dalam al-Qur'an sendiri:

وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَيَخْتَارُ مَا كَانَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ

"Dan tuhanmulah yang menciptakan apa yang Dia kehendaki dan (juga) memlih (mana yang Dia kehendaki) sedangkan para hamba tidak punya pilihan."(al-Quran Surat : al-Qosos ayat : 68).

Baca Yang Lainnya :

Jadi Allah menciptakan semuanya di alam semesta ini & Allah yg paling tahu dan tentu paling berhak utk memilih siapa saja di antara makhluk di alam semesta ini yg mempunyai keunggulan dan kesitimewaan melebihi yg lain. Sebagai analogi, di dunia ini ada jutaan bahkan milayaran manusia. Dan tentu saja, derajat dan kedudukan mereka tak sama. Dzat yang maha segala-galanya yaitu Allah yang maha tahu memilih, siapakah di antara mereka yg berhak menjadi seorang nabi atau seorang rasul.

Begitu pula halnya, ada ratusan bahkan mungkin ribuan bahasa2 di alam semesta ini & Allah yang paling berhak memilih bahasa yg paling cocok dan layak utk kitab-Nya / al-Quran.
Kita yg hanya sebagai hamba saja, hanya wajib menerima & menjalankan perintah-Nya.

Dari itu, pola berfikir yg benar terkait dengan realita kitab suci al-Quran, bukannya bertanya : apakah keistimewaan & kelebihan bahasa arab ini, sampai Allah memilih-nya utk bahasa kitab suci al-Quran. Namun, cara berfikir yg tepat dan benar, bhw dgn Allah -ta'ala-memilih bahasa arab sbg bahasa kitab suci al-Quran, maka itu menjadi alasan dan dalil yang menunjukkan begitu istimewa dan bagusnya bahasa arab di bandingkan bahasa yang lain.Setelah itu, jika kita kembali menelisik tentang hikmah hikmah al-qur'an diturunkan dengan bahasa arab, maka ada beberapa poin terkait hal ini:

Bahasa Yang Mubin

Allah menyebutkan bahwa bahasa arab ialah bahasa yang mubin (bahasa yang menjelaskan/jelas).
Sebagaimana dalam al-Qur’an yang artinya: 

“(Al-Quran itu turun dgn) bahasa arab yg mubin.” (as-Syu’ara ayat : 195). 

Salah seorang pakar bahasa bernama Ibnu Faris mengatakan: Maka tatkala Allah-ta’ala-mengkhusukan bahasa arab sebagai bahasa yang mubin, dari situ kita mengetahui bahwa bahasa-bahasa selain bahasa arab, tak bisa menandinginya dan derajat di bawah bahasa arab itu. (kitab : as-Shahibi fie Fiqh al-Lughoh hlm: 1/4).

Bahasa Yang Kaya

Di antara sisi penunjang lainnya, bahwa bahasa arab ialah bahasa yg sangat tua & terjaga (tak seperti bahasa lainnya). Dan bahwa semakin tua suatu bahasa, maka semakin kaya pula akan kosakata dan sisi kaidahnya akan semakin matang dengan cakupan makna yang luas.
Inilah yang diungkapkan oleh Imam as-Suyuti as-Syafi’i: 

"Karena ketika kita butuh untuk mengungkapkan tentang “pedang” disertai dengan berbagai sifat2-nya dengan bahasa Persia misalnya, kita tak akan bisa melakukannya kecuali dengan satu kata saja (satu kata benda), dan kita bisa mengungkapkan kata “pedang” dengan bahasa arab disertai dengan berbagai sifatnya yang banyak, begitu pula dengan kata “singa” kata “kuda” dan kata-kata lainnya yang punya sinonim yang banyak dalam bahasa arab (maksudnya : punya nama yang banyak dalam bahasa arab dan masing-masing nama itu mengandung sifat-sifat yang berkaitan dengan benda yang bersangkutan) Maka bagimana bahasa arab bisa disamakan dengan bahasa lainnya, dan bagaimana mungkin keluasan bahasa arab bisa disamakan dengan bahasa lainnya. Ini hal yang jelas bagi mereka yang punya pengetahuan."(kitab : al-Madzhar fi Ulum al-Lughoh, hlm : 1/254).

Demikian yang bisa kami sampaikan seputar hikmah al-qur'an diturunkan dengan bahasa arab.

2++ Hikmah Al-qur'an Diturunkan Dengan Bahasa Arab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BahasaArab.co.id

0 comments: