7++ Cara Merangsang Perkembangan Motorik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Perkembangan motorik anak berkebutuhan khusus. Perkembangan motorik didefinisikan oleh para ahli sbg perkembangan dri unsur kematangan terkait pengendalian gerak badan / tubuh & otak sbg pusat gerak tubuh. Gerak itu secara jelas di bedakan dalam bentuk gerak kasar & gerak halus. Berdasarkan pandangan Endang Rini.S bahwa yang dimaksud perkembangan motorik ialah suatu proses kemasakan ataupun gerak yg secara langsung melibatkan berbagai otot-otot guna melakukan proses bergerak & proses pensyarafan yg menjadikan seseorang itu mampu untuk menggerakkan & dimaknai juga sebagai proses pensyarafan yg menjadikan seorang bisa menggerak-kan tubuh nya.

7++ Cara Merangsang Perkembangan Motorik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Dri opini dan definisi di atas bisa disimpulkan bhw perkembangan motorik yaitu perubahan skill / keterampilan segi motorik dri lahir hingga umur 5 tahun yg melibatkan berbagai sisi dan aspek perilaku & keterampilan yang sifatnya motorik. Kondisi lingkungan sosial di pandang sangat berpengaruh pda peningkatan dan perubahan perkembangan sisi motorik sang anak. Perkembangan sisi motorik pula berarti perkembangan pada sisi gerak pengendalian dari segi jasmani melalui aktifitas pusat syaraf, begitu pula urat saraf dan juga otot-otot yg terkoordinasi.

Baca Juga Ya :

Anak Berkebutuhan Khusus sangat jauh berbeda dengan anak normal pada umumnya dari segi perkembangan motorik, afektif dan kognitifnya, dibutuhkan penanganan khusus yang bisa merangsang perkembangan terutama motoriknya agar bisa terangsang dan bisa diberikan stimulusnya yang berarti agar menyamai perkembangan sisi motorik anak pada umumnya.

Beberapa aktifitas baik dalam bentuk peramainan dinyatakan oleh para ahli bisa menjadi stimulan atau perangsang perkembangan motorik anak berkebutuhan khusus terutama yang mengalami kelainan atau ABK tunagrahita, di antara permainan-permainan yang dimaksud adalah:

1. Berlatih Menuang Air
Menuang / menumpah air memang termasuk suatu pekerjaan yg tak mudah untuk anak berkebutuhan khusus terutama yang kategori tunagrahita, apatah lagi jika di haruskan tak boleh ada satu tetesan air yang jatuh. Pertama-tama anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) di beri latihan ringan menuang air dgn jumlah agak sedikit melalui contoh yg diberikan. Perlu pantauan dalam menilai perkembangannya, jika tetsan di sekitar saat menuang air makin sedikit maka artinya kemampuan motoriknya makin bagus.

2. Latihan Main Pasir
Di samping dgn menggunakan air dalam men-stimulasi perkembangan motorik ABK, latihan menuang ini bisa pula dgn memakai pasir yang kering. Botol & panci sbg tempat menuangkan pasir, & pasir yg sudah di tuang ke botol & panci tsb dapat di tuang kembali ke bejana / ember. Latihan bermain pasir tersebut dapat pula memakai pasir yang basah. Dgn memakai pasir yang basah, anak berkebutuhan khusus tersebut di ajak untuk berkhayal guna mencetak dan membuat benda-benda yg dia inginkan, seperti membikin kue, membuat bangunan gedung, bikin gunung, & lain sebagainya.

3. Latihan Main Pakai Tanah Liat
Umumnya, untuk pertama kali ABK tunagrahita bermain dgn tanah liat, mungkin kegiatan yg dilakukan hanyalah mengepal2 aja. Akan tetapi jika mereka di berikan bimbingan, arahan & latihan, aktifitas ini bakal dapat di arahkan guna membentuk berbagai macam benda-benda di sekelilingnya, semisal : boneka, atau asbak, rumah-rumahan, hotel-hotelan atau benda yg lainnya. Sesudah hasil pekerjaan / aktifitas anak itu selesai & dikeringkan, bisa dicat dgn berbagai macam warna supaya menarik perhatiannya & timbul semacam dorongan / motivasi utk berbuat lagi yg lebih bagus dan lebih baik lagi, dengan latihan ini perkembangan motorik anak dengan kebutuhan khusus bisa dirangsang .

4. Latihan Meronce-rone Manik2
Pertama kali yg perlu diajarkan dlm kegiatan meronce ini, yaitu meronce manik2 yg ukuran besar, lantas di lanjutkan dgn yg kecil dgn memakai benang ataupun kawat yang halus. Sesudah anak tersebut tertarik dgn kegiatan ini dan terlihat perkembangan motoriknya agak terasah, dilanjutkan dgn pemilihan & kombinasi berbagai warna warni manik-manik yg di ronce.

5. Kegiatan Melipat
Utk anak yang normal melipat bukanlah hal yg sulit, tapi bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) khususnya tunagrahita kegiatan melipat sangat perlu diajarkan dalam sesi tersendiri karena merupakan latihan yg tak mudah. Kegiatan latihan melipat ini di awali dgn 2 lipatan, kemudian 4 lipatan, & seterusnya dgn berbagai macam kombinasi yang sesuai dengan batas skill dan kemampuan anak ABK yang bersangkutan, latihan ini bisa menmbah daya perkembangan motorik anak.

6. Latihan Menyobek-nyobek
Utk latihan merangsang motorik macam ini anak berkebutuhan khusus harus memakai kedua tangan nya, di mulai dengan menyobek menjadi beberapa bagian-bagian besar sampai bagian yg sekecil-kecil nya. Sobekan yang dia hasilkan bisa disuruh untuk buat rumah-rumahan atau lainnya untuk merangsang perkembangan motoriknya.

7. Latihan Dengan Jarum & benang
Aktifitas dengan jarum & benang ini tak hanya ditujukan buat anak ABK tunagrahita yang perempuan aja, tapi juga perlu di berikan pada ABK yang anak laki-laki. Utk kepentingan tsb, dibutuhkan / diperlukan semacam media / alat bordir yg mula-mula harus di tusuk- tusukkan. Setelahnya anak bisa dilatih untuk memakai / menggunakan kain bentuk strimin yg kasar ataupun kain wol yg agak tebal & sederhana. Dgn memakai jarum & benang, anak ABK tunagrahita bisa membuat semacam hiasan dinding, atau alas baki, kemudian tas, & benda lainnya.

Demikian dulu apa yang bisa kami sampaikan untuk Anda semua para pembaca blog sederhana ini, harapan kami blog sederhana ini bisa menjadi rujukan ilmu pengetahuan yang memberi sumbangsih positif bagi setiap akademisi, siswa atau mahasiswa dan pemerhati pendidikan, artikel yang kami beri judul 7 cara merangsang perkembangan motorik anak berkebutuhan khusus (ABK) kami ambil dari sumber yang bisa di andalkan insyaalloh, sampai jumpa dan terima kasih.

7++ Cara Merangsang Perkembangan Motorik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BahasaArab.co.id

0 comments: