2 Contoh Surat Resmi Menggunakan Bahasa Arab

Contoh Surat Resmi Menggunakan Bahasa Arab. Surat resmi sebenarnya adalah surat yg dipakai utk kepentingan yg sifatnya resmi baik itu yg ditulis oleh perseorangan, lembaga ,instansi tertentu, ataupun organisasi- organisasi tertentu. Contoh-contoh surat resmi misalnya: surat undangan, juga surat pemberitahuan, surat lamaran kerja & surat edaran.

Contoh Surat Resmi Menggunakan Bahasa Arab

Tanda dan ciri khusus surat resmi adalah sebagai berikut:
  • Memakai kepala surat (kop) bila yg mengeluarkan-nya ialah lembaga tertentu ataupun organisasi tertentu.
  • Menggunakan nomer surat, juga lampiran, & perihal jika disampaikan oleh lembaga serta organisasi tertentu
  • Memakai salam pembuka & juga salam penutup yg lazim ataupun resmi, semisal ucapan : Assalamualikum, dgn hormat & sejenisnya.
  • Memakai bahasa dgn ragam yang resmi ataupun bahasa baku
  • Memakai cap atau stempel resmi bila berasal dri organisasi ataupun institusi / lembaga resmi.
  • Surat resmi mengacu pada format surat khusus bukan bebas.
Nah, berikut kami sampaikan 2 contoh surat resmi dalam bahasa arab yang sudah kami sempurnakan dan kami taruhkan harakat atau baris dan kami lengkapi dengan artinya atau terjemahannya.

Contoh surat resmi 1


- صَاحِبَ الْفَضِيْلَةِ مُدِيْرَ شَرِكَةِ............. .......... - حَفِظَهُ اللهُ وَرَعَاهُ

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ... أَمَّا بَعْدُ

أَتَشَرَّفُ بِأَنْ أَتَقَدَّمَ لِفَضِيْلَتِكُمْ بِطَلَبِيْ لِوَظِيْفَةِ ....... بِمُؤَسَّسَتِكُمُ الْكَرِيْمَةِ


حَيْثُ أَتَمَنَّى أَنْ تَكُوْنَ السِّيْرَةُ الذَّاتِيَّةُ لِي الْمُرَفَّقَةُ طَيُّهُ تَتَنَاسَبُ مَعَ مُتَطَلَّبَاتِ الْوَظِيْفَةِ الشَّاغِرَةِ ، وَالَّتِيْ أَتَصَوَّرُ أَنَّنِيْ مِنْ خِلاَلِ خِبْرَتِيْ فِيْ ..... لِمُدَّةِ ..... أَعْوَامٍ كَامِلَةٍ وَ دِرَاسَتِي الَّتِيْ سَبَقَتْ عَمَلِيْ وَكَذَا الدَّوْرَاتُ التَّخَصُّصِيَّةُ الَّتِي اشْتَرَكْتُ فِيْهَا تُؤَهِّلُنِيْ لِشَرَفِ النَّجَاحِ وَالْفَوْزِ بِهَذِهِ الْوَظِيْفَةِ الْكَرِيْمَةِ . وَ جَدِيْرٌ لِي أَنْ أَذْكُرَ أَنَّنِيْ - وَالْحَمْدُ لِلهِ - قَدْ قُمْتُ بِزِيَادَةِ الْمَبِيْعَاتِ فِي الشَّرِكَةِ الَّتِيْ كُنْتُ أَعْمَلُ بِهَا سَابِقًا إِلىَ نِسْبَةِ 70% ، وَذَلِكُمْ نَتِيْجَةُ لِتَكْثِيْفِ مَجْهُوْدَاتِنَا وَتَدْرِيْبِنَا لِفَرِيْقِ عَمَلٍ قُمْتُ بِزِيَادَةِ كَفَاءَتِهِ مِنْ خِلَالِ التَّدْرِيْبِ وَالتَّقْيِيْمِ وَكَذَا التَّوْجِيْهِ. وَأَيْضًا بِسَبَبِ الْاِحْتِكَاكِ الْمُتَوَاصَلِ بِمُتَطَلِّبَاتِ الْأَسْوَاقِ وَاحْتِيَاجَاتِ الْعُمَلَاءِ وَجَعْلِ شَبَكَةٍ كَبِيْرَةٍ مِنَ الْعَلَاقَاتِ الطَّيِّبَةِ الْمَبْنِيَّةِ عَلَى الْاِحْتِرَامِ وَالثِّقَةِ الْمُتَبَادِلَيْنِ

إِنِّي لَأَرْجُو أَلَّا أَكُوْنَ قَدْ أَسْهَبْتُ وَ أَطَلْتُ كَثِيْرًاً ، كَمَا أَرْجُو كَذَلِكَ أَنْ أَفُوْزَ بِفُرْصَةِ لِقَاءِكُمْ فِي الْمُسْتَقْبَلِ الْقَرِيْبِ

.وَتَقَبَّلُوْا خَالِصَ تَقْدِيْرِي وَاحْتِرَامِي

.... : مُقَدِّمُ الطَّلَبِ

.... : الْاِسْمُ الْكَامِلُ

.... : الْعُنْوَانُ الْحَالِي

.... : صُنْدُوْقُ الْبَرِيْدِ

.... : الرَّمْزُ الْبَرِيْدِي

 .... : رَقْمُ الْهَاتِفِ

 .....  : رَقْمُ الْجَوَّالِ

Artinya :

Yang kami hormati direktur PT ……………. -semoga Allah menjaga dan memelihara beliau-


Assalaamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuhu.

Dengan hormat saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan pada bagian …… di perusahaan anda. Dan saya berharap circum vitae yang kami sertakan pada surat ini sesuai dengan persyaratan yang anda tentukan untuk mengisi pekerjaan yang dimaksud. Berdasarkan pengalaman kerja kami di perusahaan …. selama …. tahun penuh serta penelitian terdahulu yang kami lakukan sebelum bekerja, juga seminar-seminar intensif yang kami ikuti sebelumnya maka kami berharap bisa membuat kami bisa diterima untuk mengisi kekosongan staf pada perusahaan anda.

Baca Surat Lainnya :

Tak lupa juga kami sebutkan bahwa -alhamdulillah- kami berhasil menambah penjualan di perusahaan dahulu tempat kami bekerja sebesar 70%, hal itu berdasarkan usaha kami -setelah bantuan Allah- dan juga pelatihan tim yang kami lakukan untuk menambah kemampuan mereka, tepatnya dalam bentuk pelatihan, juga penilaian dan pengarahan, begitu juga hal itu disebabkan oleh usaha untuk memepelajari secara terus menerus akan kebutuhan pasar, memenuhi kebutuhan para karyawan dan membuat semacam jaringan yang terbangun di atas saling percaya satu sama lain.

Sungguh kami berharap surat ini tak terlalu panjang dan sungguh kami berharap agar kami bertemu dengan anda dalam suasana bahagia sesegera mungkin.

Hormat dan salam kami.

Pembuat surat 

Nama lengkap : …..

Alamat domisili sekarang : …… 

PO BOX (no kotak surat) : ….

Kode Pos : ….

Nomer Telpon Rumah : …..

Nomer HP : ….

Contoh surat resmi 2


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

..... : الْمَوْضُوْعُ

- إِلَى مُدِيْرِ .......... - بَارَكَ اللهُ فِيْهِ

الْحَمْدُ لِلهِ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ وَأَتَمُّ التَّسْلِيْمِ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ

: أَمَّا بَعْدُ

عَلَى ضَوْءِ الْإِعْلَانِ الصَّادِرِ فِي جَرِيْدَةِ .... بِشَأْنِ الْوَظَائِفِ الْمُتَوَفِّرَةِ لَدَيْكُمْ، وَبَعْدَ اسْتِيْفَائِي لِلشُّرُوْطِ اللَّازِمِ تَوَافَرَهَا لِشُغْلِ بَعْضِ هَذِهِ الْوَظَائِفِ الْكَرِيْمَةِ لَدَيْكُمْ أَتَقَدَّمُ إِلَيْكُمْ بِطَلَبِي هَذَا لِشُغْلِ وَظِيْفَةِ .................. الَّتِي تُنَاسِبُ مُؤَهِّلَاتِي الشَّخْصِيَّةِ مُرْفِقًا مَعَ طَلَبِي هَذَا الْأَوْرَاقُ وَالْمُسْتَنِدَاتُ اللَّازِمَةُ.

مُتَمَنِّيًا أَنْ أَنَالَ شَرَفَ الْقَبُوْلِ فِي شَرِكَتِكُمْ لِشُغْلِ الْوَظِيْفَةِ لِأُحَقِّقَ مَا أَصْبُو إِلَيْهِ لِلنُّهُوْضِ بِمُنْجِزَاتِ هَذَا الْبَلَدِ الْمُبَارَكِ

...... : مُقَدِّمُ الطَّلَبِ

 ..... : هَاتِف رَقْم

..... : الْعُنْوَانُ

..... : التَّوْقِيْعُ


Bismillahirrahmanirrahiem

Perihal : ….

Kepada direktur perusahaan ….. -semoga diberkahi oleh Allah - 

Alhamdulillah, solawat serta salam yang sempurna teruntuk Nabi kita Muhammad

Amma ba’du :

Berdasarkan pengumuman yang terbit di koran …. terkait dengan pekerjaan kosong yang ada pada perusahaan anda dan setelah kami merasa telah memenuhi syarat yang harus ada untuk mengisi kekosongan pada perusahaan anda saya mengajukan surat resmi ini untuk mengisi kekosongan pada perusahaan anda yaitu ….. , pekerjaan ini sesuai dengan bidang keahlian kami, dan dalam surat ini kami sudah menyertakan piagam serta dokumen-dokumen resmi yang diperlukan.

Dengan harapan agar kami bisa diterima bekerja di perusahaan anda untuk mengisi lowongan pekerjaan guna mewujudkan cita-cita dan tekad kami untuk membangun negeri yang diberkahi ini.

Yang Mengajukan Surat Ini : .....

Alamat : ....

Nomer HP : ....

Tanda tangan : .....

Sahabat semuanya, demikianlah yang bisa kami sampaikan saat ini bagi anda yang sedang cari bahasan terkait dengan surat resmi, sudah ketemu khan cara buat surat resmi dengan kami menghadirkan contohnya di blog bahasa arab ini, tak tanggung-tanggung contoh surat resmi yang kami hadirkan di sini sebanyak 2 buah contoh surat resmi, ya artikel tentang tema Contoh Surat Resmi Menggunakan Bahasa Arab ini semoga bermanfaat untuk anda semua.

2 Contoh Surat Resmi Menggunakan Bahasa Arab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BahasaArab.co.id

0 comments: