Angka Dalam Bahasa Arab

Angka Dalam Bahasa Arab – Sebagian orang berkata bahwa bahasa arab adalah bahasa yang paling sulit untuk dipelajari atau dihafalkan, yang demikian tersebut terlihat dari beberapa artikel yang diposting di internet. Kesulitan dalam belajar bahasa arab ini tampak saat melihat dari bentuk huruf serta cara pengucapannya, tak terkecuali untuk belajar angka dalam bahasa arab satu ini. Akan tetapi walaupun demikian, jika Anda tekun untuk mempelajari bahasa arab, maka bukan hal yang tak mungkin lagi Anda mudah memahaminya.

Nah, di bawah ini akan kami informasikan mengenai cara mudah belajar bahasa arab khususnya untuk belajar bahasa arab angka 1-10. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.
Angka Dalam Bahasa Arab

Cara Belajar Angka Dalam Bahasa Arab 1-10


Di bawah ini adalah angka dalam bahasa arab 1-10 :

Waahidun = 1
Itsnaani = 2
Tsalaasatun = 3
Arba’atun = 4
Khamsatun = 5
Sittatun = 6
Sab’atun = 7
Tsamaaniyyatun = 8
Tis’atun = 9
‘Asyaratun = 10

Nah, yang jadi pertanyaannya adalah tentang bagaimana cara menggabungkan dengan isim. Misalnya saja sebuah buku, 2 buku, 5 buku. Jadi, bila ingin menggabungkan dengan isim, maka ada beberapa kaidah yang harus dikenali. Untuk angka 1 atau tunggal, maka bendanya harus mufrad, dan letak ‘adad setelah isim. Misalnya seperti ini :

Sebuah buku = kitaabun waahidun

Sebuah meja = makatabun waahidun

Sebuah pintu = baabun waahidun

Lalu untuk angka dua atau mutsanna, maka bendanya harus dalam bentuk muannas, dan letak dari ‘adad setelah isim. Misalnya saja seperti ini :

Dua buah pintu = baabaani isnaani

Dua buah buku = kitaabaani isnaani

Dua buah meja = maktabaani isnaani

Sementar itu untuk angka 3-10 atau plural, maka bendanya dalam bentuk jamak, dan letak dari ‘adad sebelum isim. Contohnya seperti ini :

3 buah buku = tsalaasatu kutubin

5 buah meja = khomsatu makaatibin

10 buah pintu = ‘asyrotu abwaabin

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang angka dalam bahasa arab. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Angka Dalam Bahasa Arab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BahasaArab.co.id

0 comments: