Ijab Qobul Bahasa Arab

Ijab Qobul Bahasa Arab – Pada dasarnya pengertian dari ijab qobul itu sendiri adalah ucapan dari pihak orangtua atau wali calon mempelai perempuan yang nanti akan dinikahkan pada calon mempelai laki – laki. Ijab qobul juga memiliki artian sebagai kesepakatan antara dua belah pihak, sebab selain digunakan dalam acara pernikahan, istilah dari kata ijab qobul ini juga bisa digunakan untuk masalah jual beli. Ketika pembeli dan penjual lakukan transaksi serta mendapat kesepakatan.
Penggunaan bahasa dalam ijab qobul juga bisa ditentukan dari pihak calon pengantin laki – laki akan menggunakan bahasa apa, tetapi pastinya hal tersebut juga sudah disepakati dengan pihak calon pengantin perempuan. Tetapi biasanya yang paling banyak digunakan adalah ijab qobul bahasa Indonesia, namun, lebih diutamakan lagi menggunakan ijab qobul bahasa arab.

Nah, buat Anda nih yang sekiranya dalam waktu dekat ini memiliki rencana untuk menikah dan kebetulan Anda juga masih belum tahu bacaan ijab qobul bahasa arab tersebut, maka sekarang ini adalah saat paling tepat untuk belajar membaca dan menghafal bacaan ijab qobul bahasa arab. Sebab pada artikel berikut ini akan kami berikan contoh bacaan ijab qobul dengan menggunakan bahasa arab. Sehingga buat Anda yang masih belum tahu bacaan tersebut, Anda bisa lihat terlebih dulu bacaan di bawah ini.
Ijab Qobul Bahasa Arab

Contoh Bacaan Ijab Qobul Bahasa Arab


Ankahtuka wa zawwajtuka makhtubataka… binti… alal mahri

Artinya : Aku nikahkan engkau dan aku kawinkan engkau dengan pinanganmu… putri… dengan mahar

Bacaan tersebut adalah untuk yang menikahkannya, yakni wali atau pun orang lain. dan bila ayahnya sendiri maka bacaannya seperti berikut ini :

Ankahtuka wa zawwajtuka makhtubataka binti… alal mahri

Artinya : aku nikahkah engkau dan aku kawinkan engkau dengan pinanganmu putriku… dengan mahar

Setelah itu calon pengantin laki – laki menjawab seperti berikut.

Qobiltu nikahaha wa tazwijaha alal mahril madzkuur wa radhiitu bihi, wallahu waliyut taufiq

Artinya : aku terima nikah dan kawinnya dengan mahar yang telah disebutkan, dan aku rela dengan hal tersebut. Dan semoga Allah SWT selalu memberi anugerah.

Demikianlah tadi informasi yang bisa kami bagikan tentang ijab qobul bahasa arab. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Ijab Qobul Bahasa Arab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BahasaArab.co.id

0 comments: