Media Pembelajaran Bahasa Arab

Media Pembelajaran Bahasa Arab – Kata media berasal dari bahasa latin medium yang artinya secara harfiah yaitu tengah, perantara atau pengantaran. Sementara kata media dalam bahasa Arab disebut wassail yang artinya perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada pihak penerima pesan.

Jika Anda sekarang ini sedang belajar bahasa Arab, dalam suatu metode pembelajaran bahasa Arab tentu ada yang disebut media pembelajaran bahasa Arab. Dengan adanya suatu media, diharapkan ini bisa menjadi suatu cara cepat belajar bahasa Arab sehingga siswa tidak kesulitan lagi mempelajarinya. Berikut media pembelajaran yang sangat dibutuhkan jika sedang belajar bahasa Arab.
Media Pembelajaran Bahasa Arab

Media Pembelajaran Bahasa Arab yang Sangat Dibutuhkan 

Laboratorium bahasa

Media ini merupakan suatu media yang dapat membantu pengajar dalam memperdengarkan suara atau bunyi yang sebelumnya telah direkam kepada siswa untuk dipelajarinya. Media ini nantinya berusaha menggunakan pendekatan individual dalam melatih berbicara secara benar.

Audio

Audio juga dapat menjadi media pembelajaran bahasa Arab yang lainnya. Sekarang ini beberapa komponen audio dalam sekolah bahasa Arab yang paling sering digunakan seperti radio, piringan (CD) atau juga suatu program radio pendidikan.

Media visual

Media visual juga dapat membantu menambah kosa kata bahasa Arab bagi para pelajar pemula. Media visual yang dapat menjadi suatu perangkat pembelajaran diantaranya :
  • Media cetak, seperti naskah penjelasan, gambar, majalah, selebaran, surat kabar dan juga berbagai macam kartu. Media ini dapat digunakan secara langsung atau dengan menggunakan alat tertentu seperti halnya papan tulis, papan magnetic, flip chart dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Media proyeksi, seperti OHP, slide projector dan film strip.
  • Model, contoh barang, pameran dan juga museum. Media ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa soal gaya hidup dan lebih ditujukan memberikan suatu motivasi kepada siswa untuk bisa belajar bahasa Arab lebih baik lagi.

Media audio visual

Seperti halnya film bersuara, video atau televisi. Media audio visual dalam metode pembelajaran bahasa Arab memiliki kelebihan dengan memungkinkan menyajikan suara serta gambar sekaligus utamanya dapat menyampaikan materi yang sedang dipelajari.

Itulah beberapa aspek penting yang harus ada sebagai media pembelajaran bahasa Arab. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Media Pembelajaran Bahasa Arab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BahasaArab.co.id

0 comments: