Metode Pembelajaran Bahasa Arab Lengkap

Metode Pembelajaran Bahasa Arab Lengkap - Belajar bahasa Arab pemula bukan hanya sebatas belajar kata benda dalam bahasa Arab atau belajar tentang anggota tubuh dalam bahasa Arab. Lebih dari itu pembelajaran bahasa Arab perlu menggunakan metode yang tepat. Pada hakikatnya metode pembelajaran bahasa Arab dikategorikan menjadi tiga bagian. 

Metode pembelajaran tersebut secara umum diantaranya metode qawaid dan terjemah, metode belajar bahasa berkelompok dan juga metode audiolingual. Ketiganya bisa dijalankan dan menjadi metode pembelajaran bahasa Arab yang paling sering digunakan daripada metode yang lain – lainnya.
Metode Pembelajaran Bahasa Arab

Tiga Metode Pembelajaran Bahasa Arab 

Metode qawaid dan terjemah 

Dalam metode pembelajaran bahasa Arab yang satu ini memiliki beberapa tujuan diantaranya agar pelajar mampu membaca naskah berbahasa Arab atau karya sastra arab, memiliki nilai disiplin dan perkembangan intelektual. Dalam pembelajaran ini didominasi dengan kegiatan membaca dan juga menulis. 

Metode belajar bahasa berkelompok

Untuk metode dalam belajar bahasa Arab yang kedua dilakukan dengan pendekatan humanis. Pertama kalinya metode ini diperkenalkan oleh C.A Curren dan rekan – rekannya (1976). Dalam pembelajaran ini dikenal istilah humanistis. Istilah humanistis sendiri dimaksudkan sebagai pencampuran semua emosi atau perasaan seseorang dalam kegiatan belajar mengajar. Teori ini juga didasarkan pada asumsi bahwa apa yang dipelajari manusia bersifat afektif disamping kognitif. Jadi peserta didik belajar bahasa dengan mengalami semua input atau masukan dari luar secara menyeluruh melalui perasaan disamping melalui pikiran.

Metode Audiolingual

Untuk metode ini lebih populer diterapkan karena kepentingan perang. Didalam sejarah perang Dunia ke II Amerika perlu personil tentara yang mahir berbahasa asing untuk kepentingan dalam melakukan ekspansinya. Karena itu metode ini dikenal dengan army method. Bahasa yang dipelajari lebih dicurahkan pada perhatian dalam pelafalan kata, tubian berkali – kali secara intensif. Metode ini konsentrasi tujuannya lebih pada materi penguasaan keterampilan mendengar dan berbicara.

Itulah beberapa metode pembelajaran bahasa Arab yang dapat digunakan pemula yang ingin mahir belajar berbahasa Arab. Selamat belajar.

Metode Pembelajaran Bahasa Arab Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BahasaArab.co.id

0 comments: